Sejarah

Sejarah

Berawal dari salah satu unit usaha PT RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH yakni Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang yang merupakan rumah sakit tertua di pulau Bangka dan telah lama dikenal dari sejak zaman Belanda dahulu. Rumah sakit ini awalnya merupakan sebuah balai pengobatan yang didirikan oleh perusahaan pertambangan Timah Hindia Belanda BANKA TIN WINNEN BEDRYF sekitar tahun 1900.

Balai pengobatan ini diperuntukan khusus bagi karyawan perusahaan tersebut. Setelah Belanda meninggalkan Indonesia, Banka Tin Winnen Bedryf dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia menjadi perusahaan milik negara pada tahun 1969 dan pengelolaannya berada di bawah Unit Penambangan Timah Bangka yang digunakan untuk pengobatan para karyawannya. 

Balai pengobatan tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah rumah sakit dan menjadi bagian dari Unit Pelayanan Kesehatan yang berada di bawah PT Tambang Timah (cikal bakal PT TIMAH Tbk).Pada masa itu Unit Pelayanan Kesehatan tersebut bernama “Rumah Sakit Unit Penambangan Timah Bangka”.

Pada tahun 1990 PT Tambang Timah melaksanakan restrukturisasi sehingga pengelolaan Rumah Sakit secara mandiri mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 1993 dan berubah menjadi “Rumah Sakit Swakelola Pangkalpinang”. Pada April 1994 – 2014 dikelola oleh Yayasan Bakti Timah dan berganti nama “Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang”. Dalam perjalanannya pada tanggal 18 Desember 2014 PT TIMAH Tbk mendirikan PT RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH untuk mengelola semua unit-unit pelayanan kesehatan yang ada

sekaligus menjalankan fungsi CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT TIMAH Tbk agar bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama di wilayah-wilayah produksi PT TIMAH Tbk.

PT RUMAH SAKIT BAKTI TIMAH kini membawahi 4 Rumah Sakit (RSBT Pangkalpinang, RS Medika Stannia Sungailiat, RSBT Muntok, RSBT Karimun), 4 Klinik Rawat Inap (Klinik Utama Medika Stannia Belinyu, Klinik Bakti Timah Parit Tiga, Klinik Bakti Timah Toboali, Klinik Bakti Timah Tanjung Pandan), 6 Klinik Pratama (Klinik Pratama Pangkalpinang, Klinik Pratama Jakarta, Klinik Pratama Prayun Kundur, Klinik Pratama Pangkal Balam, Klinik Pratama Manggar, dan Klinik Pratama Tanjung Pandan), serta 2 Divisi Usaha : PT Bakti Timah Solusi Medika dan Managed Care Services (MCS).